Anggota DPR RI Fraksi PKB Sosialisasikan Seminar Motivasi Cara Mudah Membangun Desa Ke PPDI Kabupaten Ciamis

Ciamis, terasjabar.com – Anggota DPR RI Komisi II, Fraksi PKB Yanuar Prihatin menyarankan desa-desa di Kabupaten Ciamis memiliki ikon atau ciri khas yang mudah diingat.

Yanuar Prihatin menyampaikannya dalam Seminar Motivasi Cara Mudah Membangun Desa yang diikuti oleh sejumlah anggota PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) Kabupaten Ciamis, di salah satu hotel Rabu (26/8/2020).

Politisi PKB ini menuturkan, Desa perlu memiliki ikon yang gampang dipahami. “Jika ingin membangun desa cobalah tetapkan dulu apa yang ingin dibangun, arahnya akan dibawa ke mana, dan impian dari pembangunan desa itu apa. Jika sudah diputuskan, lalu cari satu ikon yang mudah diingat,” katanya.

Lanjut Yanuar, jika ingin membangun desa wisata, maka jadikan pariwisata sebagai ikon dari desa tersebut. Begitu juga jika ingin menjadi desa sentra kerajinan, maka jadikan produk kerajinan sebagai ikon dari desa.

“Pilihlah satu karakteristik di desa tersebut apa yang akan dibangun, kalau mau desa wisata pilih desa wisata. Kalau mau desa kerajinan harus pilih desa kerajinan. Sehingga desa tersebut akan jelas ciri khasnya, dan tahu akan dibawa kemana pembangunan di desa tersebut,” katanya.

Yanuar Prihatin menambahkan, untuk membangun Indonesia menjadi negara maju dan berkompeten, maka harus memulainya dari desa dulu. Dengan kata lain, majukan desanya terlebih dahulu, baru kemajuan negara bisa dicapai.

“Dalam memajukan desa ada dua cara, yaitu cara mudah dan rumit. Tetapi kebanyakan di luar sana terjebak dengan cara membangun desa yang sulit. Maka seminar ini untuk membuka pemikiran para perangkat desa bagaimana membangun desa dengan cara mudah,” jelasnya.

Yanuar juga berpesan agar para perangkat desa yang hadir bisa memanfaatkan potensi desanya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Mulai hari ini kita harus menggenjot potensi yang ada di desa untuk kemajuan dan kesejahtraan rakyat, Desa maju, Indonesia kuat,” Pungkasnya. Irwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *