Ini Kompetensi yang harus Dimiliki Seorang Guru

Pangandaran, terasjabar.com — Setidaknya ada lima kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru termasuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Pertama kompetensi Profesional, kedua kompetensi pedagogis, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi leadership.

Hal ini dikatakan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kab Pangandaran H. Supriana saat menjadi narasumber dalam Kegiatan Pembinaan Guru PAI jenjang Sekolah Dasar se-Kecamatan Cigugur dan Langkaplancar.

“Kompetensi-kompetensi ini mau tidak mau harus dimiliki setiap guru termasuk guru PAI,” ujarnya, Selasa (28/07).

Kasubbag TU menguraikan kompetensi yang pertama, yakni kompetensi professional bekerja atas dasar ilmu.

“Saya percaya guru PAI memiliki kompetensi professional, terlebih kebanyakan guru PAI merupakan lulusan madrasah,” imbuhnya.

Sedangkan kompetensi yang kedua menurutnya adalah kompetensi pedagogis, kemampuan metodologis dan kemampuan administratif.

“Bagi usia sekolah dasar, personal approach perlu dilakukan, bagaimana guru memiliki inovasi tidak hanya ceramah di dalam kelas, tapi juga di ruang terbuka,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa kompetensi ketiga, yaitu kompetensi sosial, guru PAI diakui atau tidak, disadari atau tidak ketika ada di lingkungan masyarakat, dianggap sebagai tokoh penggerak masyarakat. Oleh karenanya guru PAI dituntut memiliki kompetensi sosial, bukan hanya kemampuan bersosialisasi tetapi bagaimana keberadaan guru PAI dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kompetensi kepribadian, guru PAI harus senantiasa dikenal sebagai pribadi yang baik, memiliki energi positif bagi orang lain, sehingga ia menjadi tuntunan bagi lingkungannya (kharismatik).

“Selain itu, guru harus memiliki Kompetensi leadership, karena harus memiliki kemampuan untuk menggerakkan anak didiknya,” pungkasnya. Irwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *